Underdone.net
Masakan Daging Khas Madura yang Terkenal Nikmat

Masakan Daging Khas Madura yang Terkenal Nikmat

Siapa yang tidak suka daging? Hampir semua orang pasti menyukai hidangan ini. Beraneka ragam daging memiliki tekstur antara satu dengan yang lain. Contohnya, daging kambing berbeda dengan daging sapi. Selain jenis dagingnya berbeda, cara mengolah bahan ini juga sangat beragam. Hampir di setiap daerah punya ciri khas masakan dengan bahan dasar daging, tidak terkecuali madura. Salah satu daerah di Indonesia ini memiliki banyak makanan khas yang lezat. Masakan daging khas madura juga sangat terkenal. Jangan bilang anda tidak tahu, di pinggir jalan anda pasti sering melihat sate madura bukan? Makanan tersebut juga salah satu makanan khas madura. Berikut ini adalah beberapa makanan khas madura yang mayoritas menggunakan daging.

Daftar beberapa makanan khas Madura yang menggunakan daging

Masakan Daging Khas Madura

  1. Sate Madura

Siapa yang belum pernah mencoba sate madura? Pasti semua orang sudah pernah mencoba kuliner yang satu ini. Bahan dasar yang digunakan bisa berupa daging ayam, kambing, atau sapi. Cara pembuatannya juga cukup sederhana, daging dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan tusuk sate. Untuk daging sapi dan daging kambing, anda bisa membungkusnya dengan daun pepaya selama lima belas menit atau melumurinya dengan nanas agar daging menjadi lebih empuk. Setelah siap, panggang daging di atas bara api. Umumnya, bara api tersebut menggunakan arang. Jika sudah matang, lumuri daging dengan bumbu kacang dan kecap. Bisa juga ditambahkan bawang merah dan cabai sesuai selera. Hidangan ini sangat cocok dinikmati dengan lontong.

  1. Bebek Songkem

Sekarang kita beranjak ke masakan daging khas madura yang memakai daging bebek sebagai bahan dasarnya. Cara membuatnya hampir sama seperti pepes. Lumuri bebek yang telah dibersihkan dengan bumbu rempah lalu bungkus menggunakan daun pisang. Setelah itu kukus sampai daging bebek matang. Makanan ini sangat harum dan menggugah selera. Gurih dan lembutnya daging bebek berpadu dengan bumbu rempah. Ditambah lagi aroma wangi dari kukusan daun pisan. Hidangan ini biasanya disantap dengan nasi hangat dan sambal.

  1. Soto Madura

Pecinta soto wajib mencoba soto yang satu ini. Soto madura berbeda dari soto daerah lain karena kuahnya menggunakan kemiri sehingga warnanya kuning keruh. Isian soto madura biasanya daging sapi dan babat. Hal ini yang menambah nikmatnya soto madura dan tidak ada di soto lain. Isian soto ini biasanya adalah nasi, kentang goreng yang diiris tipis, dan bawang goreng.

  1. Topak Ladhe Bangkalan

Kalau kuliner yang satu ini biasanya disajikan saat hari raya Idul Fitri. Topak Ladhe Bangkalan terdiri dari irisan daging sapi, jeroan sapi, dan telur. Terkadang, irisan daging sapi diganti dengan daging ayam. Cukup fleksibel tergantung dengan tuan rumah yang menyediakan. Selain itu, di bagian pinggir Topak Ladhe Bangkalan juga terdapat kacang panjang dan pepaya mudah yang telah direbus. Kadang, kuliner ini disajikan dengan bubuk jagung halus serta sambal urap manis.

  1. Kaldu Kokot

Cita rasa makanan yang satu ini sangat kuat. Kokot sendiri jika diterjemahkan ke bahasa indonesia artinya tulang sapi. Kaldu kokot adalah makanan yang menggunakan tulang sapi sebagai kuah kaldunya. Tidak lupa juga ditambahkan dengan kacang hijau. Rasa bumbu rempah di makanan ini sangat kuat dipadu dengan gurihnya kaldu kuah sapi. Biasanya, makanan ini disajikan bersama lontong atau nasi hangat.

  1. Soto Mata Sapi

Hidangan yang satu ini dianggap cukup ekstrem karena merupakan olahan mata sapi. Anda bisa melihat beberapa bola mata sapi utuh mengambang di kuah soto. Kuah soto berwarna coklat menandakan rasa rempah yang kuat. Selain mata sapi, isian soto ini juga ada irisan halus daging sapi. Meski terlihat ekstrem, banyak orang yang menyukai hidangan ini karena cita rasa khas dari bola mata sapi yang gurih dan empuk. Anda tertarik mencobanya?

Rahasia dibalik lezatnya masakan daging khas Madura

Masakan Daging Khas Madura

Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya mengapa rasa bumbu di daerah madura sangat kuat. Beberapa orang juga beranggapan bumbu masakan madura, terutama daging terasa sangat kaya dan meresap sampai bagian terdalam. Tentu saja hal ini banyak mengundang tanda tanya dari orang-orang. Rahasia lezatnya masakan daging khas madura terletak di bumbu rempahnya. Mereka menggunakan berbagai macam bumbu rempah, diantaranya adalah daun salam, ketumbar, sereh, lengkuas, kemiri, kunyit, cengkeh, jahe, pala, kapulaga, asam jawa, kluwak, dan masih banyak lagi. Kekayaan rempah-rempah inilah yang membuat masakan madura terasa sangat kaya dibandingkan dengan masakan lainnya. Selain itu, teknik memasak mereka juga berbeda. Pada masakan daging, rata-rata mereka selalu memastikan bahwa bumbu rempah benar-benar meresap ke dalamnya. Bagaimana caranya? Ada beberapa cara yang biasa dilakukan yaitu diungkep, dimarinase, dan direbus bersama bumbu yang dicampur air sampai airnya surut.